Kesalahan

Assalamu'alaikum.wr.wb

Pagi tadi (12 Okt 2018) saya merenung diteras belakang kontrakan yang berbatasan langsung dengan sawah.

Kesalahan

Buah yang saya petik dari renungan pagi itu adalah tentang kesalahan yang pernah kita perbuat. Dalam hal ini saya memikirkan tentang kesalahan dalam berusaha atau berbisnis. Bagaimana jadinya kalau ketika melakukan suatu usaha tapi kita selalu pada trek yang benar / tidak pernah salah?.. saya tidak tahu ya, karena saya belum pernah selalu benar. Pasti ada saja kesalahan, walaupun sedikit. Dari situ saya belajar, melakukan kesalahan itu tidak semuanya buruk.

Dalam berusaha bagaimana kita tahu kalau cara yang kita lakukan tidak efektif kalau tidak berpengalaman melakukan kesalahan. Saya pikir, semakin banyak anda berbuat kesalahan semakin banyak juga pengalaman anda. Mental anda pun terlatih untuk jatuh bangun. Apalagi anda masih muda, pancal terusss..

Intinya, mbuh piye carane kudu iso!. Dan niatkan untuk ibadah.

Dengan demikian anda melakukan banyak hal, yang penting tujuan anda tercapai, anda menemukan jalan yang benar dan salah, dari situ anda belajar harus bagaimana kedepannya agar tidak salah lagi. Tapi yang paling penting adalah ketika bankroupt anda berani memulai lagi dan tidak mengulangi kesalahan.

"Kalau sudah mencebur ke laut, ya berusaha renang saja, kalau berhenti renang nanti malah tenggelam"

Demikian bisikan hati saya yang saya bocorkan kepada Anda. Semoga Allah memberikan anda kekuatan untuk tetap istiqamah dalam berusaha.

Wassalamu'alaikum

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Masyarakat

Telaga Mriwis Putih (Lake Mriwis Putih)

I'm Not Surprised..