Apakah ini Dendam Lama

Dadi ngene lur, 
.
(1) Dinasti Ming Tiongkok dulu punya kaisar yang namanya Yongle, nah semasa Yongle berkuasa banyak waktu yang ia habiskan untuk memecah belah Mongolia, kenapa?, karena agar Dinasti Yuan tidak kembali. Yongle melarang penggunaan hal apapun yang berbau Mongol. 
.
(2) Di Asia Tengah ada salah satu pembesar Mongol yang bernama Timur Lenk, dia lahir di Uzbekistan, dan beragama Islam. Timur adalah buyut Genghis Khan, Khan Agung Mongolia. Timur Lenk sudah menaklukkan India, Persia, Irak, bahkan Turki, ketika Yongle mulai berkuasa.
.
(3) Sepertinya Timur Lenk mengetahui kelicikan Yongle, atau bisa juga kelicikan Yongle karena tahu akan ada serangan dari Timur. Timur yang akrab dengan kerajaan Eropa berkata bahwa Yongle adalah pencuri dan penjahat. (Padahal masih jahat Timur haha mungkin karena Yongle mencuri tahta dari keponakannya). 
.
(4) Singkat cerita, Timurid akan menyerang Ming, namun Timur Lenk menghembuskan nafas terakhir sebelum terjadinya perang, padahal dinasti Ming sudah mempersiapkan 500 ribu pasukan untuk menghadapi Timurid. (Lanjutan cerita browsing sendiri).

(5) Suku Uighur adalah suku yang berasal dari wilayah Timurid awalnya, dan tinggal di Tiongkok. Dan suku Uighur kini dirampas haknya oleh orang-orang Tiongkok.
.
.
Apakah peristiwa yang dialami Uighur ada kaitannya dengan hubungan kedua kekaisaran yang kurang harmonis? 
.
.
Pengamat politik abal-abal, silahkan baku hantam kalian di warung susu kuda liar perbatasan Mongolia dan Tiongkok, ya salam..

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Masyarakat

Telaga Mriwis Putih (Lake Mriwis Putih)

I'm Not Surprised..