Tips dan Trik Mencari Kontrakan Untuk Mahasiswa

Assalamualaikum wr.wb
Selamat datanng di Sukmana Land

Beberapa tahun yang lalu saya memulai hidup baru dengan meninggalkan rumah orang tua dan memilih untuk ngontrak rumah, ya karena jadi mahasiswa. Pengalam pertama saya saat itu, mencari kontrakan namun tidak ada orang yang mau ngontrak bersama saya, maksudnya saya belum punya teman karena belum masuk kuliah. Nah ini ada beberapa tips dan trik untuk mahasiswa baru yang mau ngontrak atau cari kontrakan;

  1. Hubungi kembali teman atau kenalan yang sama-sama kuliah ditempat anda kuliah, tanya apakah ada tempat yang murah dan memadai.
  2. Jika anda memang seorang noob dan tidak punya kenalan satu institusi ya sebaiknya anda hunting kontrakan disekitar tempat anda belajar.
  3. Survey lokasi, sarana dan prasarana, akses, lingkungan, dan harga.
  4. Lokasi relevan dengan apa yang anda butuhkan (untuk seorang pelajar/mahasiswa), misalnya dekat dari kampus, dekat dengan percetakan, dekat dengan warung, dan fasilitas umum lainnya.
  5. langkah selanjutnya anda cocokkan dengan fasilitas kontrakan, listrik, air (apakah airnya lancar sepanjang musim, kualitas air, dll)
  6. jika fasilitas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan anda maka lanjut ke akses menuju lokasi, akses ini penting carilah tempat yang minimal bisa dimasuki motor, karena repot sendiri nanti kalau motor saja tidak bisa masuk (kalau mau pindahan, kalau bawa barang apa gitu, dll), selain akses lebar juga akses jalan juga yang kira-kira well untuk dua musim di Indonesia. 
  7. Selanjutnya Lingkungan, lingkungan sangat mempengaruhi kehidupan anda, kepribadian anda, dan proses belajar anda. Carilah lingkungan yang benar-benar nyaman untuk anda belajar dan istirahat.
  8. Dan yang terakhir adalah harga, biasanya harga kontrakan didekat kampus itu mahal, jadi siapkan uang banyak, atau anda bisa mengajak teman untuk ngontrak bareng, kalau belum punya teman seperti pengalaman saya, saya menawarkan siapa saja yang mau ikut ngontrak bersama saya di grup mahasiswa baru, nanti kalau anda bejo ya dapet teman buat ngontrak bareng. Untuk negosiasi harga akan dibahas di artikel berikutnya..
"Berlakulah spesial kepada pemilik kontrakan dan kontrakan itu sendiri, anggaplah kontrakanmu itu rumahmu"

Demikian tips dan trik singkat cari kontrakan, oiya anda juga bisa cari lewat internet, atau bahkan search di google dan google maps. kontrakan dijogja, kontrakan dijakarta, misal..
Terimakasih telah membaca, jangan lupa klik iklan xD
Wassalamualaikum wr.wb 

Comments

Popular posts from this blog

Tokoh Masyarakat

Telaga Mriwis Putih (Lake Mriwis Putih)

I'm Not Surprised..